Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri

Cara Daftar dan Aktivasi Internet Banking Mandiri

Cara daftar dan aktivasi internet banking mandiri, infoteknobaru.com. Keberadaan internet saat ini telah banyak manfaat oleh hampir semua lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang perbankan. Pemanfaatan layanan internet dalam bidang perbankan tersebut tak lain untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun.

Meskipun penggunaan mesin ATM telah berhasil merebut perhatian masyarakat untuk semakin sering melakukan transaksi perbankan, akan tetapi inovasi dalam bidang tersebut tidak pernah berhenti. Melihat semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses internet, saat ini hampir semua bank yang ada di Indonesia telah mengeluarkan layanan transaksi berbasis online.

Bank Mandiri merupakan salah satu dari sekian bank yang ada di Indonesia yang telah mengaplikasikan layanan perbankan berbasis internet tersebut.

Beberapa produk dari layanan IB Mandiri, yakni M-Banking Mandiri atau Mandiri Mobile dan Mandiri Internet. Ulasan kali ini akan membahas mengenai cara daftar internet banking Mandiri.

Mandiri Mobile dan Mandiri Internet

M-banking Mandiri merupakan jenis layanan bank Mandiri yang telah tersedia dan dapat Kita akses melalui aplikasi mobile, yaitu Mandiri Online.

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi tersebut memiliki rancangan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan transaksi para nasabahnya. Sehingga para nasabah tak perlu lagi merasa kesulitan dan serba keterbatasan ketika ingin melakukan berbagai macam transaksi dalam suatu waktu yang tidak disangka-sangka.

Tak jauh berbeda dengan layanan Mandiri Online, layanan Mandiri Internet juga beroperasi dibawah koneksi internet. Sehingga salah satu syarat kenyamanan dalam bertransaksi menggunakan layanan ini yakni koneksi internet yang baik. Sedikit berbeda dengan Mandiri Mobile, Mandiri Internet memanfaatkan perangkat lunak browser pada perangkat keras nasabah. Oleh karena itu, akses Mandiri Internet bisa Kamu dapatkan melalui link IB Mandiri yang resmi, yaitu http://ib.bankmandiri.co.id.

Pada layanan IB Mandiri, bukan hanya proses transaksi saja yang bisa Kamu dapatkan via online, tapi begitu juga dengan proses pendaftarannya. Sehingga bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan layanan ini, perlu untuk mengetahui cara daftar internet banking Mandiri.

Keuntungan Menggunakan IB Mandiri

Pada dasarnya, kelebihan paling mendasar dari penggunaan Internet banking Mandiri, yaitu kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan. Nasabah tak perlu lagi melakukan transaksi secara konvensional melalui kantor resmi bank maupun mesin ATM. Selain itu, beberapa keuntungan lain yang dapat Kamu peroleh antara lain:

  • Selama koneksi internet tetap stabil, layanan finansial perbankan akan selalu dapat mengaksesnya selama 24 jam dalam 7 hari.
  • Memiliki user interface atau user friendly yang lebih mudah Kita pahami, sehingga dapat memudahkan nasabah yang baru pertama kali menggunakan layanan Internet Banking tersebut.
  • Hampir semua macam transaksi yang biasanya dapat Kita lakukan melalui transaksi konvensional, dapat pula menggunakannya dalam layanan ini.
  • Dapat mengakses berbagai produk tabungan bank Mandiri, seperti tabungan Giro, Deposito, kartu Kredit, hingga rekening pinjaman, hanya dengan menggunakan satu user ID.
  • Anda dapat menikmati layanan jarak jauh ini dengan cukup menggunakan konfigurasi minimum di browser standar.
  • Seluruh transaksi melalui platform layanan ini tidak perlu biaya tambahan apapun, kecuali biaya perbankan yang pada dasarnya juga terdapat pada layanan transaksi konvensional, seperti transfer fee dan biaya administrasi bulanan.
  • Sistem keamanan yang cukup terpercaya, sebab segala bentuk transaksi akan dterlindungi oleh multi-layered security system dan PIN.

Fitur-fitur yang terintegrasi dalam layanan Mandiri Mobile maupun Mandiri Internet, antara lain kontrol finansial tabungan, transaksi yang berupa transfer dana, top up, dan pembayaran/pembelian, histori transaksi rekening seperti cek saldo dan mutasi rekening, buka deposito dan tabungan, serta sistem keamanan yang berlapis.

Fitur-fitur tersebut tentu saja dapat Kamu akses kapanpun dan lokasi Kamu di mana saja, selama smartphone tetap terkoneksi agar bisa Anda gunakan dengan jaringan internet. Layanan ini tidak hanya menyediakan fitur transaksi yang instan, tapi juga proses pendaftaran yang berbasis online. Meskipun demikian, masih banyak nasabah yang belum mengetahui betul cara membuat internet banking Mandiri tersebut.

Oleh sebab itu, ulasan kali ini akan membahas mengenai cara daftar internet banking Mandiri baik melalui ATM Mandiri maupun kantor cabang terdekat. Sehingga, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan layanan ini, tidak akan begitu kebingungan dalam mengetahui tata cara pendaftarannya.

Detail Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Setelah lebih mengenal beberapa hal mengenai internet banking Mandiri, selanjutnya adalah mengenal tata cara daftar internet banking Mandiri sebagai pengguna layanan tersebut. Akan tetapi, Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah terdaftar sebagai nasabah resmi dari bank Mandiri. Sebab, rekening atas nama Anda yang telah terdaftarkan sebelumnya yang akan kembali Kamu gunakan untuk melakukan pendaftaran Internet Banking.

Menggunakan dalam melakukan pendaftaran internet banking Mandiri ada beberapa cara, antara lain yaitu melalui situs internet banking, mesin ATM, dan mendatangi langsung kantor cabang Mandiri terdekat. Berikut adalah cara daftar internet banking Mandiri:

1. Membuat ID Akses

Membuat ID akses merupakan langkah paling awal dalam tata cara daftar internet banking Mandiri untuk dapat memanfaatkan layanan internet banking ini. ID akses bisa diperoleh, baik melalui mesin ATM Mandiri maupun langsung ke kantor cabang Mandiri. Apabila nasabah memilih menggunakan mesin ATM, prosedur yang harus Kamu lakukan, antara lain:

  • Mengunjungi ATM Mandiri terdekat
  • Memasukkan kartu ATM dan menginput PIN
  • Pilih transaksi lainnya dan pilih Pendaftaran E-Banking
  • Setelah muncul halaman konfirmasi pada layar, pilih setuju untuk melanjutkan
  • Anda akan diminta memasukkan PIN ATM sekali lagi
  • Kemudian Anda akan diminta membuat kode PIN untuk menggunakan pada layanan Internet banking nanti, setelah itu pilih Benar
  • Masukkan kembali kode PIN yang telah Anda buat, kemudian pilih Benar
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga ATM mengeluarkan struk yang telah berisikan access code dan nomor kartu

Sementara itu, untuk mendapatkan ID akses langsung melalui kantor cabang Mandiri terdekat, Anda harus mengisi formulir untuk registrasi e-banking yang kemudian lengkap dengan lampiran dokumen seperti identitas diri, buku tabungan, dan kartu ATM.

2. Melakukan Aktivasi Internet Banking Mandiri

Setelah mendapatkan ID akses dan PIN, selanjutnya adalah melakukan aktivasi melalui platform yang telah tersedia oleh layanan yang Anda gunakan.

Berikut adalah prosedur aktivasi dalam tata cara daftar Internet banking Mandiri:

  1. Bagi nasabah yang melakukan aktivasi online menggunakan browser dapat mengakses www.ib.bankmandiri.co.id. Sedangkan bagi nasabah yang melakukan aktivasi melalui aplikasi mobile, dapat mengakses aplikasi Mandiri Online yang dapat mengunduh melalui situs resmi yang ada.
  2. Setelah berhasil masuk ke dalam situs, silahkan cari menu Pengguna Baru/Registrasi Ulang.
  3. Selanjutnya nasabah akan menerima laman syarat dan ketentuan layanan Mandiri Online atau Mandiri Internet untuk disetujui.
  4. Kemudian memasukkan nomor kode akses atau ID akses yang telah dibuat sebelumnya sejumlah 16 digit beserta kode PIN.
  5. Setelah itu pilih Aktifkan.
  6. Kemudian langkah selanjutnya Anda harus mengisi user ID, PIN internet banking, dan alamat email aktif. Setelah itu pilih Kirim.
  7. Tunggu beberapa saat hingga muncul pernyataan Berhasil pada layar yang menandakan proses aktivasi internet banking Mandiri telah berhasil.

Akan tetapi, untuk dapat menggunakan sepenuhnya fitur-fitur pada layanan internet banking Mandiri, nasabah harus mengunjungi kantor cabang Mandiri terdekat untuk melakukan aktivasi sepenuhnya agar layanan tersebut siap untuk menggunakan e-banking Mandiri. Pada kantor cabang, pihak costumer service akan menginstruksikan untuk mengisi formulir aplikasi internet banking dan SMS Banking. Persiapkan juga hal-hal lain, yakni identitas diri dan alamat email yang benar-benar masih aktif.

error: Content is protected !!