Cara Setting APN Indosat Ooredoo, Inilah Tipsnya

Cara Setting APN Indosat Ooredoo, Inilah Tipsnya

infoteknobaru.com, cara setting APN Indosat Ooredoo. Setting APN Indosat adalah salah satu cara untuk mengatasi internet yang tidak terhubung padahal kamu mempunyai paket data atau paket internet pada kartu Indosat Ooredoo milikmu. Memang sangat jarang sekali terjadi error akibat kartu yang tidak tersambung ke server kartu Indosat Ooredoo, namun jika gangguan internet tersebut terjadi padamu tidak ada salahnya dengan mengganti APN atau Access Point Name smartphone kamu agar bisa langsung terhubung dengan server Indosat.

Indosat sebelum ini tidak ada tambahan Ooredoo pada setiap nama produknya. Perubahan nama ini terjadi dikarenakan saham yang ada pada Indosat hampir 65% ada di tangan perusahaan Ooredoo Asia. Ooredoo Asia yang merupakan bagian dari Ooredoo Group mempunyai kantor pusat yang berada di Qatar. Indosat Ooredoo sendiri merupakan satu-satunya merk dagang dari Ooredoo yang tidak berganti nama, hal ini dikarenakan merk dagang Indosat masih sangat melekat kuat pada masyarakat Indonesia.

Dengan diakuisisinya Indosat, semua aspek yang ada pada Indosat dirubah bahkan sampai Logo yang dipakai saat ini juga berupah. Logo baru Indosat Ooredoo saat ini adalah latar merah dengan tulisan Indosat dan Ooredo dalam latar kuning. Perubahan logo tersebut tentu menggambarkan perubahan secara menyeluruh pada program Indosat agar sesuai dengan visi dan misi baru dari perusahaan Ooredoo Asia.

Masyarakat Indonesia pasti juga merasakan perubahan mulai dari tarif sms, telpon sampai data atau internet mulai berubah secara perlahan, hal ini dikarenakan sistem Indosat sendiri juga mulai berubah. Tidak usah masyarakat Indonesia, kamu sendiri pasti juga merasakannya bahwa sekarang ada beberapa jenis paket yang dikhususkan untuk sms saja, telpon saja dan bahkan internet saja,

Hal yang paling menonjol dari akuisisi Ooredoo terhadap Indosat adalah dengan adanya layanan Internet cepat yang biasa kita sebut jaringan 4G. Setelah terjadi akuisisi, jaringan 4G Indosat Ooredoo menyebar sangat cepat di Indonesia. Bahkan bisa dibilang cepat sekali mengalahkan provider jaringan telekomunikasi lainnya.

Selain penyebaran jaringan 4G LTE yang sangat cepat, Indosat Ooredoo juga menawarkan harga layanan internet 4G yang bisa dibilang sangat murah. Beberapa daerah mungkin harganya berbeda, namun jika di rata – rata harga data internet 4G milik Indosat Ooredoo berada pada kisaran 10 ribu rupiah per Gigabyte data. Harga tersebut diambil dari perdana internet Indosat Ooredoo dengan isi data 8GB 3G ditambah dengan 20GB 4G yang dibanderol dengan harga eceran sekitar 60 ribu rupiah sampai 70 ribu rupiah.

Cara Setting APN Indosat Ooredoo, Inilah Tipsnya

Jika kamu mengalami gangguan internet pada jaringan Indosat Ooredoo, atasi dengan cara mengganti APN Indosat Ooredoo dengan langkah – langkah di bawah ini:

  1. Matikan jaringan internet yang sedang kamu gunakan
  2. Buka aplikasi Settings / Pengaturan
  3. Cari settingan jaringan operator, setiap smartphone telaknya berbeda – beda. Namun tidak jauh dari kata Jaringan Seluler, Jaringan Mobile, Internet, Pengaturan Kartu dan Indosat.
  4. Jika sudah ketemu tempat mengatur jaringan seluler, cari APN atau Akses Poin atau Access Point Name.
  5. Kemudian buat APN yang baru, jangan edit atau ubah APN bawaan yang sudah ada.
  6. Akan muncul beberapa tabel dan silahkan di isi sesuai dengan yang di bawah.

Nama APN                          Indosat Ooredoo (sebenarnya bebas di isi apapun juga gak masalah)

APN                                      indosatgprs (kecil semua ya)

Proxy                                    (biarkan kosong)

Port                                      (biarkan kosong lagi)

Nama Pengguna                (kosong atau isi dengan Indosat)

Kata Sandi                          (kosong atau isi dengan Indosat)

Nomor Dial Up                  *99#

Jenis autentikasi               (kosongkan atau pilih PAP)

  1. Simpan pengaturan APN Indosat Ooredoo yang baru, kemudian tekan kembali
  2. Pilih APN Indosat Ooredoo yang barusaja kamu buat sebagai APN yang kamu gunakan

Setelah semua pengaturan selesai coba sambungkan jaringan internet data kamu. Tunggu beberapa saat agar APN yang kamu buat benar – benar tersambung, kemudian tes jaringan tersebut dengan membuka browser dan masuk ke Google.com.

Jika setting APN Indosat Ooredoo kamu masih belum berjalan juga, restart smartphone kamu. Masih belum berhasil tersambung dengan Jaringan internet Indosat Ooredoo, kamu harus mulai mengecek lebih lanjut apakah data kamu benar – benar ada. Mungkin juga kartu perdana internet yang kamu beli rusak. Atau malah jaringan internet Indosat Ooredoo di daerah kamu sedang ada gangguan. Semua bisa saja terjadi, jadi jangan paranoid kalau smartphone kamu tidak bisa digunakan untuk berselancar di dunia maya ya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.