Cara Menghemat Baterai Handphone

Cara Menghemat Baterai Handphone

Cara Menghemat Baterai Handphone – Semua handphone kebanyakan dirancang untuk penggunaan daya yang besar. Akan tetapi sebal banget kan jika harus selalu mengisi daya baterai handphone Anda? Bila terlalu sering di charge, maka daya tahan baterai handphone Anda lama – lama juga akan berkurang, lalu rusak lho. Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan baterai handphone Anda dan supaya Anda tak selalu harus charge handphone, berikut ini kami berikan cara menghemat baterai handphone Anda tanpa harus mendownload aplikasi terlebih dulu.

Pastinya sangat menyebalkan jika Anda sedang ada di luar dan butuh menggunakan handphone, akan tetapi handphone Anda kehabisan daya baterai tanpa Anda tahu kenapa. Sekarang Anda harus melakukan beberapa hal – hal di bawah ini untuk lebih menghemat baterai handphone Anda. Mudah kok!

Cara Menghemat Baterai Handphone

Matika mode getar : Vibrations

Ingat, meskipun sinyal getar memudahkan Anda untuk mengetahui ada panggilan masuk atau pun notifikasi lain, ternyata hal tersebut dapat menggunakan banyak daya baterai. Bahkan mode getar ini akan habiskan lebih banyak baterai dibandingkan mode ringtone. Sebagai cara menghemat baterai handphone, silakan Anda matikan mode getarnya untuk menjaga daya baterai handphone Anda tetap hemat dan tak terbuang sia – sia.

Kecilkan Brightness di layar handphone Anda

Anda sudah tahu bahwasannya layar handphone Anda yang paling banyak konsumsi daya baterai selain halnya GPS. Untuk mengurangi pengkonsumsian daya baterai, Anda bisa setting cahaya di layar handphone Anda supaya tak terlalu terang, akan tetapi tetap cukup nyaman untuk dilihat mata. Anda juga bisa gunakan pengaturan adaptasi pada kondisi cahaya langsung dari handphone Anda.

Mempersingkat waktu Stand By layar handphone Anda

Sudah disinggung sebelumnya bahwasannya layar handphone Anda yang menggunakan daya baterai paling boros. Maka dari itulah, silakan Anda persingkat waktu time out atau pun stand by handphone Anda dengan cara mengaturnya ke waktu paling cepat. Misalnya saja, yang tadinya Anda atur waktu stand by Anda 2 menit, bisa Anda ubah hanya jadi 15 detik saja.

Charge baterai Anda secara efisien

Perlu Anda tahu bahwa ada 2 tipe baterai yang digunakan di handphone, yakni baterai lithium dan juga baterai nickel. Baterai yang dibuat dari nickel ini juah lebih bagus, sebab lebih tahan lama bila dibandingkan dengan yang jenis lithium. Bila Anda menggunakan baterai nickel, handphone Anda harus di charge sampai kapasitas maksimum pada saat daya baterai Anda tinggal sedikit. Akan tetapi, bila handphone Anda menggunakan baterai lithium, maka Anda harus charge sesering mungkin untuk bisa mempertahankan kapasitas aslinya.

Menutup aplikasi bila sudah tak digunakan

Ada banyak sekali pengguna smartphone yang tidak menutup kembali aplikasi yang baru digunakan secara baik dan benar hingga aplikasi masih banyak yang dalam keadaan terbuka meskipun sedang tidak digunakan. Hal yang demikian ini pastinya membuang daya baterai Anda dengan cuma – cuma. Bila Anda menggunakan handphone berbasis Android, maka Anda hanya harus tap tombol multitasking dan Anda bisa swipe aplikasi yang tidak anda gunakan untuk menutupnya.

Mematikan GPS : Location Services

Cara menghemat baterai handphone yang terakhir adalah dengan mematikan GPS di handphone Anda. GPS atau pun layanan lokasi ini merupakan aktifitas smartphone yang paling besar menggunakan daya baterai di handphone selain layar. Anda bisa mematikan GPS di menu setting handphone Anda. Dengan begitu Anda akan lebih menghemat penggunaan baterai. Nyalakan GPS pada saat diperlukan saja, misalnya ketika menggunakan Maps untuk mencari lokasi.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menghemat baterai handphone. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.