Cara Blokir ATM BRI Dengan Mudah 100% Berhasil

Cara Blokir ATM BRI Dengan Mudah 100% Berhasil

Infoteknobaru.com – Apakah kartu ATM BRI Anda pernah terblokir? Bagi siapapun yang mengalami hal seperti ini tentu merasakan yang namanya jengkel karena harus kehilangan salah satu akses bertransaksi mereka sehari-hari. Namun, pada keadaan tertentu seperti saat kehilangan kartu ATM BRI, memblokir kartu adalah pilihan yang terbaik. Dengan demikian, Anda dapat menghindari penyalahgunaan dari orang yang menemukannya. Saat ini, cara blokir ATM BRI pun sudah sangat mudah sehingga Anda tidak akan perlu khawatir lagi dengan prosedur yang banyak dan juga ribet.

Kehilangan kartu ATM memang akan membuat pemiliknya bisa mati gaya. Bagaimana tidak, kartu ATM BRI hari ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup para nasabah.

Berbagai transaksi yang mudah dan aman bisa mereka lakukan hanya jika mereka memiliki kartu ATM. Apapun alasannya, kehadiran kartu ATM memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang dalam berbagai kondisi.

Apalagi jika Anda adalah pengusaha yang selalu melakukan transaksi hampir setiap harinya. Kalau sudah terblokir ataupun hilang tentu Anda tidak akan bisa menerima transferan uang, melakukan pembelian atau pembayaran lewat ATM lagi.

Namun, saat kartu ATM BRI hilang, ada baiknya jika Anda memang segera melakukan pemblokiran. Saat ini bank BRI sudah menyediakan cara blokir ATM BRI secara mudah dan aman. Lalu, apa saja langkah-langkah yang harus Kita lakukan saat melakukan pemblokiran kartu ATM BRI? Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan menyimak artikel berikut ini.

Syarat-Syarat Mengurus ATM BRI hilang dan Cara Memblokirnya

Agar Anda tidak kesulitan dalam mengurus ATM BRI yang hilang dan berjaga-jaga agar tidak orang lain yang tidak bertanggungjawab memanfaatkannya, maka berikut ini akan saya sebutkan syarat-syarat mengurus ATM BRI yang hilang dan cara memblokirnya.

Syarat-syarat Mengurus ATM BRI yang Hilang

Sebelum mengetahui cara blokir ATM BRI yang hilang ataupun dicuri oleh orang, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah melakukan pengurusan kartu ATM BRI yang hilang terlebih dahulu. Adapun syarat-syaratnya ialah sebagai berikut:

  1. Siapkan kartu identitas seperti KTP, SIM ataupun Paspor
  2. Buku tabungan atau rekening
  3. Surat keterangan hilang dari pihak kepolisian
  4. Jangan lupa sediakan uang tunai sekitar 10 ribu untuk biaya penggantian kartu ATM tapi kadang biaya tersebut terpotong secara langsung di saldo tabungan Anda

Setelah semua syarat di atas telah lengkap, maka silahkan Anda mendatangi bank BRI terdekat untuk mengurus kartu ATM yang hilang atau tertelan mesin. Namun, selain mendatangi kantor BRI, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lain seperti melalui aplikasi BRI Mobile ataupun internet banking.

Memblokir Kartu ATM Bank Rakyat Indonesia Melalui Call Center

cara blokir atm bri

Selain mendatangi kantor unit bank BRI, Anda juga bisa melakukan pemblokiran kartu ATM lewat call center. Jika Anda mengalami kehilangan kartu ATM BRI ataupun kartu ATM BRI tertelan mesin maka segeralah mengubungi call center BRI.

Sebenarnya, cara memblokir ATM BRI melalui call center termasuk metode yang ribet dan rumit di antara cara yang lainnya.

Hal penting yang harus Kamu persiapkan untuk menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau (021) 1500017 ialah pulsa yang cukup. Karena call center BRI memerlukan data pulsa untuk menghubunginya. Pihak call center BRI akan menanyakan beberapa hal kepada Anda, sehingga membutuhkan waktu yang lama serta pulsa yang banyak.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan beberapa data diri seperti nomor rekening, nama dan alamat sesuai KTP, perkiraan saldo terakhir, nama Ibu kandung dan lainnya. Pertanyaan tersebut untuk melengkapi verifikasi data Anda sebagai nasabah BRI.

Blokir Kartu ATM dengan Melalui Bank

Jika Anda merasa ribet dan terbebani dengan cara sebelumnya, Anda juga bisa melakukan cara blokir ATM BRI dengan mendatangi langsung kantor unit bank BRI terdekat. Meskipun Anda kadang harus menunggu antrian dalam hal ini, akan tetapi dengan bertemu langsung dengan pihak customer service, Anda bisa menanyakan berbagai hal tanpa perlu mengeluarkan pulsa lagi seperti menghubungi call center.

Sebelum mendatangi kantor bank BRI, sebaiknya Anda melengkapi beberapa persyaratan terlebih dahulu seperti KTP, buku tabungan BRI serta syarat-syarat lainnya. Adapun langkah-langkah memblokir kartu ATM BRI lewat bank BRI ialah sebagai berikut.

  • Silahkan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dari lingkungan Anda
  • Masuk dan ambilah nomor antrian
  • Setelah itu, silahkan menuju customer service ketika nomor Anda sudah dipanggil
  • Silahkan menyampaikan tujuan Anda untuk memblokir kartu ATM
  • BRI karena hilang, tertelan mesin ATM ataupun karena kecurian
  • Setelah itu customer service akan melayani dan mengarahkan hingga proses pemblokiran ATM Anda selesai

Blokir ATM dengan Aplikasi BRI Mobile

Jika Anda merasa ribet dan malas melakukan cara blokir ATM BRI lewat bank BRI secara langsung, Anda juga bisa memilih cara pemblokiran lewat aplikasi BRI Mobile. Cara ini termasuk mudah dan praktis karena Anda tidak akan kehilangan banyak waktu untuk keluar rumah. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

  • Downloadlah aplikasi BRI Mobile melalui ponsel pintar Anda
  • Setelah terdownload silahkan login menggunakan user dan password
  • Cari dan tekan menu pelayanan nasabah
  • Setelah itu lanjutkan dengan menekan submenu enable/disable kartu
  • Selanjutnya masukkanlah PIN BRI Mobile Anda
  • Sistem kemudian akan mengirimakan pesan otomatis sekaligus menjadi notifikasi bila kartu ATM BRI Anda telah terblokir atau di disable

Manfaat lain dari BRI Mobile ini ialah Anda bisa mengaktifkan kembali kartu ATM BRI tersebut ketika sudah Anda temukan. Proses pengaktifannya juga sama seperti saat Anda ingin memblokir kartu ATM tersebut sebelumnya.

Memblokir Kartu ATM melalui Internet Banking

Selain beberapa cara sebelumnya, Anda juga bisa melakukan cara memblokir ATM BRI melalui internet banking. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

Melakukan pemblokiran kartu ATM melalui web:

  • Silahkan mengunjungi dan membuka BRI internet banking di alamat https://ib.bri.co.id dengan menggunakan browser
  • Loginlah menggunakan user ID dan password serta nomor validasi
  • Kemudian pilih dan klik layanan nasabah
  • Pilihlah submenu disable dan enable
  • Silahkan memasukkan password i-banking BRI lalu klik OK
  • Setelah itu proses penonaktifan atau pemblokiran kartu ATM BRI akan berhasil Kamu lakukan

Selain cara di atas, terdapat pula cara blokir ATM BRI melalui aplikasi:

  • Bukalah aplikasi BRI Mobile Anda
  • Silahkan memilih menu internet banking
  • Masukkanlah user ID dan password untuk login
  • Selanjutnya pilih menu pelayanan
  • Pilih menu disable enable kartu
  • Masukkan nomor rekening yang akan di disable
  • Masukkanlah password internet banking BRI Anda sekali lagi kemudian lanjutkan dengan menekan OK

Biaya Penggantian Kartu ATM BRI

Setelah mengetahui beberapa metode atau cara blokir ATM BRI, maka langkah selanjutnya ialah mengurus biaya penggantian kartu Anda. Jika kartu ATM BRI Anda dalam status kadaluarsa maka biaya yang dikenakan ialah gratis. Namun, jika kartu ATM BRI Anda hilang, tertelan atau rusak maka biasanya memiliki biaya sekitar Rp. 10.000,- hingga Rp. 20.000,-. Untuk proses pembayarannya sendiri bisa Anda lakukan pada bagian customer service.

error: Content is protected !!