X
    Categories: Hardware Software

Cara Mengganti ROM di Android

Cara mengganti ROM di Android – Tahukah Anda bagaimana sih cara mengganti ROM di Android? ROM adalah peralatan proses yang ada di suatu perangkat yang berisi program atau pun software yang telah ditetapkan oleh pembuat perangkat serta program yang tak bisa diubah, ditambah atau pun dikurangi oleh pengguna. Ada dua jenis ROM di dalam smartphone Android, yakni Stock ROM dan juga Custom ROM.

Stock ROM ini sendiri adalah ROM dari bawaan pabrik dari vendor pembuat smartphone, sementar itu untuk Custom ROM adalah ROM tak resmi atau ROM Unofficial yang dibuat secara pribadi oleh developer luar lalu disebarkan untuk pengguna lain. Dan berikut ini adalah beberapa cara mengganti ROM di Android yang akan kami rangkumkan untuk Anda.

Hal yang Diperlukan Dalam Mengganti ROM di Andoid

Custom ROM sesuai dengan tipe smartphone Anda. Bila memang masih belum punya, maka Anda bisa mencarinya di Google. Taruh file yang berbentuk ZIP pada direktori awal SDcard tanpa folder. Selain itu, perlu Anda tahu bahwa, dalam memilih Custom ROM yang cocok dengan tipe smartphone Anda adalah suatu keharusan. Jika Anda memang menginstal Custom ROM yang tak sesuai, maka hal tersebut akan mengakibatkan smartphone Android Anda alami bootloop atau pun booting hanya sampai logo saja. Bahkan parahnya lagi, smartphone Anda bisa mati secara keseluruhan dan tak bisa dihidupkan lagi.

Maka dari itulah, untuk cegah hal tersebut terjadi, silakan Anda teliti dalam memilih Custom ROM untuk smartphone Anda. Bila sudah, siapkan SDcard dengan kapasitas lebih dari 2GB. Ini sangat diperlukan sekali sebagai tempat untuk backup ROM bawaan dari smartphone Anda yang biasanya berukuran lebih dari 1GB. Backup tersebut sebagai langkah antisipasi jika memang terjadi hal – hal yang tak diinginkan, seperti bootloop yang sudah kami jelaskan tadi. Sementara itu, untuk kapasitas sisanya digunakan sebagai tempat Custom ROM yang aka diinstalkan ke Android Anda. Untuk ukurannya sangat bervariasi antara 20MB hingga 500MB.

Dan terakhir, usahakan baterai smartphone dalam keadaan kapasitas penuh. Ini bertujuan agar tidak kehabisan daya pada saat proses ganti ROM Android yang sedang berlangsung, sebab umumnya proses ini akan memakan waktu yang cukup lama. Nah, berikut adalah cara mengganti ROM di Android yang harus Anda tahu.

Cara Mengganti ROM di Android

  • Matikan smartphone Android Anda
  • Dalam keadaan mati seperti ini, silakan Anda tekan secara bersamaan tombol Home – Power – Volume Up, lalu tahan kurang lebih selama beberapa detik saja. Bila sudah muncul layar Recovery Mode, silahkan Anda lepaskan ke-3 tombol yang tadi. Untuk bisa masuk ke Recovery Mode, caranya bisa berbeda – beda. Ini tergantung dari merek smartphone Android yang anda miliki. didalam Recovery Mode ini gunakan saja tombol volume untuk beralih diantara pilihan dan tombol Home untuk memilih (Ok/Yes).
  • Setelah itu, silahkan Anda pilih backup & restore, kemudian pilih backup dan biarkan saja proses backup tersebut berlangsung sampai selesai.
  • Kembali ke Recovery Mode, lalu pilihlah instal ZIP from SDcard, setelah itu cari file Custom ROM yang sudah Anda letakkan di SDcard tadi. Kemudian tunggu sampai proses flashing selesai. Umumnya proses ini akan berlangsung agak lama.
  • Bila selesai dengan menunjukkan status completed, smartphone Android Anda akan melakukan reboot.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semuanya tentang cara mengganti ROM di Android. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat.

Jaultop Sitio :